Selasa, 30 Mei 2023

cara membuat umpan cenil / ongol ( ACI )

Hi.... para pemancing GT ... saya mau menyumbangkan pengetahuan saya mengenai pembuatan umpan dari sagu ( ACI ) yang sering disebut-sebut ongol2 atau cenil ...Makalah ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri...
Cara membuat cenil/ongol dengan cara memakai plastik:  durasi satu sesi (3 JAM)
- ambil plastik gula/plastik baso tahan panas ukuran 0.5 kg atau 1 kg (biasa untuk bungkus bakso yang kuahnya panas).
- 2 sdm sagu atau 40gr sagu.
- oplosan 5ml -10ml atau 1.5 - 2 tutup botol ukuran 30 ml...( BTL OPLOSAN )
- air 120 ml atau 1 gelas merk air mineral.

Semua bahan di atas dimasukan ke dalam kantung plastik gula tadi, dikocok atau aduk sampai merata hingga sagu tidak menggumpal lagi...kemudian buang angin di dalam plastik. Hal ini untuk mencegah menggelembungnya plastik bila digodok (rebus) .... ikat plastik rapat2 hingga tidak bocor .. ikat plastik di ujung jangan (ketat)   ... ambil wadah untuk merebus air ... tunggu hingga air mendidih...kemudian masukan plastik isi sagu tadi yang sudah dicampur ke air mendidih seperti direbus... aduk hingga matang jangan di diamkan ...agar oplosan merata .. kira2 10 menit akan menjadi ongol...tanda oplosan aci sudah matang ...plastik berisi ongol tadi akan mengambang dengan sendirinya...
Setelah jadi ongol2 .. diamkan sampai dingin ... kemudian buka ujung plastik dengan cara dirobek, pencet plastik agar ongol keluar ke dalam wadah baskom .. lalu kita taburkan pelet halus hingga menutupi ongol yang sudah matang ..hal ini bertujuan agar tidak lengket ke tangan kita ...
Ambil secuil ongol dengan tangan lalu puntir kan ke kail seperti memasukan cacing ke kail ... ongol siap di lempar.... siappppp..... kencangkan benang ... srtttttttt.... strike.... selamat memancing.... ( ANDRE SINGEK)

TIPS CARA MEMANCING GALATAMA DI BERBAGAI KONDISI KOLAM :

- Kondisi air sedang turun atau musim kemarau :
    Pada saat kita hendak memancing ... ada baiknya kita melihat sekeliling empang ...apakah air surut atau sedang tinggi dari biasanya. Apabila musim kemarau biasanya air kolam berkurang. Pada saat kondisi seperti itu, ada baiknya kita mengincar tempat ikan sedang berkerumun. Pada saat kondisi air surut, belum tentu ikan berkerumun di blower atau di depan. Biasanya air surut ikan akan mencari tempat terdalam dari kolam tersebut .. atau bersarang tidak mau beranjak. Sehingga agak sulit untuk bermain total.


- Kondisi air sedang naik atau musim hujan
    Pada saat musim hujan air kolam cenderung meningkat atau bertambah karena air hujan .. maka pada saat seperti ini ikan akan keluar dari sarang atau mencari makan berkeliaran. Waktu yang tepat untuk bermain TOTALAN. Karena ikan sedang aktif mencari makan. Biasanya ikan akan berkerumun di blower atau di depan .  Pada waktu air sedang naik .. ada kemungkinan indukan atau baboon berada di depan (blower ) bukan di dek. Jadi kita bisa tos-tosan untuk narik ikan ramai beserta indukan.

TIPS MENBINA IKAN UNTUK BERKUMPUL :

- Pada saat memulai galatama... kita mendapat lapak yang telah di undi . bukan kehendak kita .. maka cara yang baik untuk mengumpulkan ikan adalah .. :
1. Lempar kail yang telah terisi umpan dikail dan bom ( bom agak besar ), tentukan titik yang akan kita taruh umpan di kolam. Untuk menentukan titik, kita lihat dan kira-kira di mana ada banyak ikan yang kita maksud.
Lempar dan tunggu 30 detik agar umpan mencapai dasar. Setelah kira-kira sampai dasar, tarik kail dengan di kagetkan sedikit yang dimaksudkan agar umpan beserta bom tertinggal di titik yang dimaksud. Lakukan sebanyak 3 x . Lalu lemparan ke empat diamkan sampai dimakan ikan.
2. Setelah dapat ikan atau sedang strike ..usahakan ikan terangkat sampai ke darat . jangan sampai lepas (mocel), karena akan menyebabkan ikan yang sudah datang mencium umpan kita jadi bubar kembali. Setelah dapat ikan ke darat, lempar lagi umpan ke tempat tadi yang mendapat ikan.
3. Apabila tidak dimakan sampai 5 menit, ganti umpan baru untuk menjaga atau mencek apakah umpan kita sudah lepas dari kail atau belum. Ganti yang baru. Sebaiknya sebelum menggulung benang untuk mengganti umpan jangan dihentakan ..karena akan menyebabkan ikan kaget dan bubar.

TIPS MENCARI INDUKAN :

- Biasanya untuk mencari indukan para pemancing :
1. Melihat kebiasaan indukan itu makan di titik mana. Kadang pemancing ada yang langsung main dekat (ngedek) karena hafal tempat ikan itu bersarang. NB : kendurkan drag pada reel untuk menghindari tarikan ikan pada saat ikan memakan umpan dan lari menjauh dari dek karena dapat menyebabkan joran lompat ke empang tanpa sempat kita ambil dari cagak, setelah joran kita strike, setel kembali drag pada reel seperti biasa sambil menyetir arah ikan untuk kita tarik ke arah yang kita mau.
2. Menghindari ikan ramai, seperti main setengah lebar empang kita memancing terjauh. Lakukan tips mengumpulkan ikan di atas di titik tesebut. Memang kebanyakan, hasilnya kita narik ikan akan berkurang ...tapi ada kesempatan indukan makan umpan kita. Dikarenakan indukan pasti lebih pelan mengejar umpan daripada ikan kecil (ikan ramai).
3. Pancing ikan dengan lempar bom kecil-kecil di titik yang kita incar... Biasanya indukan akan menyembul ke permukaan dengan riak air yang besar ... lalu menyelam lagi.. Nah di situ kita bina atau kejar dengan lempar umpan dibekas ikan tersebut nimbul ke permukaan.

TIPS MEMANCING DASARAN

- Lempar kail yang sudah terisi umpan. Pertama-tama setelah jatuh ke air, benang akan ngambang terlebih dahulu ...Taruh joran di atas cagak. Diamkan benang agar tenggelam dengan sendirinya,  disaat itu benang akan terlihat kendur, kencangkan dengan cara memutar reel dengan memegang spool, bukan handle.. Hal ini dikarenakan, kalau memutar dengan handle, ratio putaran terlalu kencang sehingga bisa mengakibatkan umpan mendem (mengendap) ke lumpur. Apabila dengan memutar spool reel, maka ratio kecepatan pelan dan umpan aman di tempat titikan.

POWER AMINO BAIT (PHEROMONES)
Produk terbaru power amino bait yang berasal dari Amerika (USA) ini merupakan faktor penunjang untuk mengumpulkan ikan bahkan memanggil ikan untuk mendekat serta menambah selera makan ... bersifat sebagai ATTRACTANT fish. Produk ini dapat diaplikasikan dengan racikan dengan cara menetesi racikan sebelum membuat menjadi ongol2 atau cenil. Harga jual per botol POWER AMINO BAIT Rp 75.000 per 30ml .
 

Berikut sharing saya (SINGEK) kepada para pemancing ... Semoga berhasil dan berguna. Tulisan di atas berdasarkan pengalaman yang saya ketahui ...Apabila ada kekurangan, harap para pemancing yang sudah lebih berpengalaman ..mau berbagi di blog saya.

2 komentar: